Search This Blog

Wednesday, January 26, 2011

eLearning Dulu

Dulu, saat pertama kali saya mendengar tentang e-Learning adalah ketika nonton gosip di tipi tentang artis Sophia Latjuba yang sedang mengikuti pendidikan jarak jauh di Amerika sono melalui Internet. Seingat saya waktu itu saya tidak mempercayai institusi begitu.

Dengarlah saya sedang membicarakan kebebalan saya. Kebodohan itu tampaknya berlangsung bertahun-tahun. Terkadang waktu tak pernah bohong untuk mendewasakan seseorang. Saya merasa, sekolah apaan model begitu? Lah wong tatap muka aja masih susah.

Jaman itu, tahun 1997-1998, saya tidak tahu Internet meski sebenarnya sudah ada dan harganya masih sangat mahal. Bersentuhan saja tidak pernah, boro-boro berimajinasi tentang apa yang dapat dilakukan oleh Internet. Intinya gelap, tidak percaya, skeptis. Lihatlah betapa bebalnya saya. Hmmm..kalau diingat-ingat sebenernya dekat dengan sombong ya? Duhai Gusti....

Times goes by, saya mulai berkenalan dengan Internet agak dekat sih, tapi masih belum familiar banget dengan Internet tahun 2006. Masih belum paham dengan guna dan manfaat Internet. Hanya mendekat saja. Sebatas bikin email lalu dianggurin.

Hanya saja saat itu saya sudah berfikiran agak sedikit "nyeleneh". Ingin melakukan terapi dari genggaman saya. Intinya saya malas pergi-pergi dan ingin senang-senang di rumah. Hihihi. Setelah itu saya pulang kampung untuk mengabdi di sana. Jarak menjadi bahagian sulit dalam hidup saya.

Hidup saya tergantung pada sinyal-sinyal. Saya mulai rajin menyambangi Internet. Namun masih sebatas kirim email kepada teman-teman yang punya akun. Kemudian jarak menjadikan saya semakin asing ketika saya pindah ke daerah sangat terpencil. Kerjaan saya hanya tidur sepulang dinas. Pikiran saya keruh.

Tidur agaknya menjadikan saya banyak bermimpi. Itu mungkin yang bikin saya bertahan di kampung sendiri. Saya semakin peduli akan Internet dan sinyal-sinyal seluler. Namun, tentang e-Learning? Menguap begitu saja hilang bersama mimpi baru saya: menjadi seorang psikiater.

Bersambung...**Lily Kasim**

No comments: