Search This Blog

Wednesday, January 26, 2011

eLearning Sekarang

Akhirnya waktu dan bukti membuat saya tahu. Namun ada sesal dalam diri saya mengapa saya tidak mencari tahu tentang apa sih yang Sophia Latjuba lakukan di Internet waktu itu. Dan, bagaimana sih dia belajar via Internet. Mungkin saya tidak bebal selama itu. Boleh dikatakan hampir 10 tahun. 

Kaca yang mana berbohong pada saya? Kaca dirilah yang terlalu ego untuk melihat hal-hal di luar diri. Jika tidak, mungkin sudah lama saya tercerahkan. Ketika saya melihat kakak angkatan saya belajar jarak jauh melalui Internet dalam jalinan ASIA-LINK CASECUBE tahun 2007. Ohhh..ini toh eLearning?

Dr. dr. Yoke Saadia Irawan, MT(BME), sedang memberikan kuliah "Anatomy and Physiology for Engineer" kepada mahasiswa Teknik Elektro Universitas Udayana, Bali.
Lokasi: Laboratorium eLearning, UKDI, Institut Teknologi Bandung.
Saya hanya diwakili oleh tempat bulpen saya yang berwarna biru. Hehehe. Thanks to Bu Yoke telah memberikan kesempatan terlibat dalam kegiatan ini.
dok.Pribadi

Pengalaman menyeret saya masuk ke dalam bagian e-Learning ketika saya mengarungi hari-hari kuliah saya. Semakin dalam semakin merasuk. Kemudian saya juga berkenalan dengan sebuah term yang dulu disebut telemedicine, yang kemudian telemedicine ini segera menyaru menjadi eHealth (electronic Health) seiring perkembangan ICT (Information and Communication Technology), eHealth mendekati mHealth (mobile Health), dan lalu menjadi uHealth (ubiquitous Health).

Wow...! Saya semakin dekat dengan dunia di genggaman (handheld device). Law of attraction saya main lagi di sini. Serpihan mimpi kemudian berkumpul di depan saya. Bebal saya sirnakan seketika. Ego saya singkirkan jauh-jauh.

Saya siap menerima Internet sebagai bagian dari diri saya. Saya siap mengabdikan diri saya untuk bidang ini selanjutnya. **Lily Kasim**

No comments: