Search This Blog

Monday, January 24, 2011

Media Online Untuk Membangun Personal Branding

Dewasa ini, teknologi komunikasi dan informasi telah semakin pesat berkembang. Penggunaannya pun sudah meluas dan semakin mudah saja. Banyak website dikembangkan untuk tujuan komunikasi. Website-webiste ini tentu saja dapat di-MANFAAT-kan (dengan cara baik-baik) untuk membangun personal branding dan menggerakkan perekonomian bangsa, misalnya lima alat online profesional berikut ini:

1. LinkedIn (LinkedIn.com)
LinkedIn adalah situs jaringan profesional dengan lebih dari 35 juta pengguna di 170 industri. Profil pengguna berfungsi sebagai resume online, dan memungkinkan rekan atau kolega untuk mem-posting-kan rekomendasi untuk rekan lainnya yang memang punya kapasitas. Situs ini dapat digunakan untuk mencari pekerjaan, orang-orang dan peluang bisnis, serta diskusi yang baik antara sesama member.

2. Blog
Blog memungkinkan pengguna untuk mengartikulasikan pandangan-pandangan dengan cerita pendek, esai, dan komentar, sehingga menciptakan sebuah forum publik untuk mengekspresikan ide. Banyak orang memilih untuk mendaftarkan nama domain seperti di Typepad.com misalnya atau menggunakan situs blogging gratis seperti WordPress.com, Blogger.com untuk menyebarkan ide-ide untuk tujuan pribadi dan profesional.

3. Twitter (Twitter.com)
Twitter atau "Microblogging" merupakan situs yang telah mendapatkan popularitas berbagai generasi dan jenis pengguna. Kamu semua tahukan dengan kicau burung ini? Hehehe

4. Facebook (Facebook.com)
Pengguna situs jejaring ini mencapai lebih dari 200 juta pengguna aktif. Misinya adalah “Facebook helps you connect and share with the people in your life”. Menggunakan situs Web ini, anggota dapat meng-upload foto, chatting, berbagi link dan video, terhubung dengan teman dan rekan dan mempromosikan personal branding masing-masing.

5. YouTube (YouTube.com)
YouTube adalah sebuah situs video-sharing internasional yang memungkinkan pengguna untuk menonton dan berbagi video asli, mulai dari tutorial profesional sampai untuk kepentingan kenang-kenangan keluarga. Jika kamu memiliki keahlian untuk berbagi, ini adalah tempat yang tepat untuk melakukannya. Jika kamu ingin ruang untuk belajar, video YouTube menawarkan kekayaan informasi yang fantastis.

Dan, masih banyak lagi situs-situs yang bisa kita gunakan. Dan, mungkin akan bermunculan juga situs-situs yang dapat kita manfaatkan untuk tujuan baik tsb. Kehidupan ini seperti apapun punya dua sisi: pagi-petang, siang-malam, laki-perempuan, gelap-terang, dan baik-buruk. Sekarang tinggal kita mau menggunakan semua moda komunikasi ini untuk apa? 

Ibarat kita pegang pisau, kita mau pakai untuk potong buah, apa buat potong orang? Itulah yang menjadi poin penting dalam hidup ini. Dan keputusan itu ada di kita. Di kecenderungan kita. Di pikiran dan hati kita. Selamat pagi.**Lily Kasim**

No comments: