Search This Blog

Tuesday, February 15, 2011

eHealth dan eHospital

Apa itu eHealth? Apa pula eHospital? Istilah ini memang merupakan hal yang baru dikemukakan beberapa dekade belakangan ini. Tahunya medis adalah tentang sign and symptom, clinical findings, diagnosis, and treatment. Tetapi, kedokteran telah memasuki abad teknologi mengikuti perkembangan yang ada. Mau tidak mau, banyak temuan teknologi yang telah menolong bidang medis, baik dari proses diagnosis hingga prognosis.

Sekarang ini jaman komputer, internet, olah sinyal, dan lain-lain. Hal yang bisa dengan mudah kita bayangkan, suatu saat nanti mungkin sekali kita bisa mencium bau masakan di tipi. Di alam ini, banyak sekali seliwer-seliwer sinyal. Dan, demikian juga tubuh kita. Sinyal-sinyal inilah diolah, dipilih, diperkuat, dan seterusnya, untuk dimanfaatkan bagi kemajuan peradaban manusia.

Nah, berbagai teknologi dapat diterapkan di bidang medis terkait hal tersebut. Sinyal-sinyal tubuh manusia diolah untuk memperoleh informasi yang bermanfaat untuk memantau aktivitas tubuh kita. Virtual reality dikembangkan secara terus-menerus. Suatu saat nanti virtual reality dan teknologi tersebut menjadi hal yang sangat menolong kita umat manusia di muka bumi ini, bisa dibayangkan jika mesin-mesin itu dapat memantau kesehatan pasien dengan lebih akurat? Misal, telesurgeri untuk operasi robotik jarak jauh telah mulai diperkenalkan, teleradiologi, dan sistem-sistem lainnya yang telah ada.

Lebih dari itu untuk alasan safety, ada nurse atau dokter hologram yang mampu membantu pasien yang sangat infeksius di suatu ruangan virtual ICU? Virtual ER? di rumah sakit. Misal, wabah flu burung, flu babi, HIV/AIDS, atau penyakit baru yang sangat mematikan. Sekali lagi, keren kan?**Lily Kasim**

No comments: