Search This Blog

Saturday, February 19, 2011

mHealth TB Management

Berbicara tentang penyakit TB (tuberculosis) yang disandingkan dengan mHealth (mobile health) selalu menarik. Dalam hal development atau dalam hal ide, saya selalu membayangkan masa depan yang lebih indah; atmosfer Indonesia dapat "bebas" dari Mycobacterium tuberculosis (m.tb).

Penyakit ini sudah setua jaman. Namun, selalu kokoh menantang waktu. Mungkin kecerdasan bakteri m.tb ini di level jenius, sehingga setiap obat yang diterapkan padanya menjadi resisten. Sungguh sebuah memori dan teknologi hebat yang dimiliki kuman ini sehingga dapat bertahan selama itu. Atau, dalam implementasinya, ada praktik yang tidak seragam atau tidak terstandar sehingga menimbulkan strain kebal.

Ilmuwan sudah mengemukakan publikasi tentang yang tadinya MDR-TB (multi drug resistant) menjadi XDR-TB (extensive drug resistant TB, also refer extreme drug resistance). Dan, mereka semua sepakat ini adalah global emergency. Emergency untuk kita semua umat manusia.

Pengobatan TB memerlukan waktu yang sangat lama, minimal 6 bulan. Nah, di sini lah letak peluang kehebatan si kuman TB. Dengan waktu yang lama mereka punya waktu untuk membuat amunisi terhadap obat yang dibuat untuk mematikan hajat hidup mereka.

Apalagi jika ditambah manusia penderita tak disiplin atau manusia pengobat rada korup: meredekalah TB. Jadi, banyak hal yang dapat dibuat untuk membantu mengontrol TB, misalnya sistem pemantauan menggunakan sms atau bahkan gambar diam maupun video, sistem deteksi kuman yang akurat, sistem pencatatan, konsultasi, dan perujukan. Dan lain-lain.**Lily Kasim**

No comments: