Search This Blog

Tuesday, February 15, 2011

Penerapan eHealth di Bidang Pertahanan

Kalau eHealth untuk bidang pertahanan gimana sih? Sudahkah ada interest ke sana? Kalau di dunia sih pasti lah sudah. Pernah baca tentang itu di majalah science. Kalau di negeri kita ga tau juga. Kayaknya sih belum. Kita masih repot dengan pesawat tempur tua kita nan rapuh. Kita masih susah dengan kapal perang yang masih dikit. Itu kata koran sih. Mudah-mudahan saja bukan sedang mengusung "the bad news is the good news" demi penjualan.

Ga tau juga sih, aslinya gimana, karena hal sensi tentang pertahanan dan keamanan kan ga boleh sampai bocor. Cuma kan memang begitu kata berita tanah air. Pesawat tempur jatuh, kapal patroli ga kuat ngejar perompak harta laut di perbatasan.

Tentang eHealth kayaknya kita selalu mentok di dana. Tapi kalau mau berkembang mana bisa mikir mahal saja, banyak ide sebenarnya dari hal-hal yang sederhana sampai yang rumit. Asal mau kerjasama saja kita-kita mah.

Misalnya nih, bikin tentara-tentara virtual, senjata-senjata dari analogi sistem-sistem ini, dan rumah sakit virtual untuk perang kalau belum sampai ke tentara virtual. Robotic surgery kan sudah banyak juga kan tuh ceritanya. Mikirnya perang aja nih. Hihihi...

Lumayankan tentara berperang dengan ketanggapan kesehatan dan kegawatdaruratan yang oke? Jadi orang-orang ga perlu teriak-teriak lagi kalau negara lain klaim-klaim harta kita, ganggu-ganggu pulau terluar, tinggal mainkan saja teknologi kita.

Lagian apa gunanya teriak-teriak? Sesekali pamer punya teknologi. Meski masih sebatas riset saja, kayaknya orang segan deh. Lebih keren rasanya. Kayak jaman mbah Harto dulu. Ilmuwan dikejar-kejar suruh balik dari luar untuk mbangun bangsa.**Lily Kasim**

No comments: