Search This Blog

Saturday, February 19, 2011

Sistem mHealth untuk Manajemen Tuberculosis

Pengembangan sistem mHealth untuk manajemen Tuberculosis pernah dilakukan di Indonesia. Ada beberapa publikasi ilmiah terkait hal itu. Saya tahu persis, sebab saya salah satu penggerak di area tersebut. Memang, eHealth/mHealth sedang tumbuh di Indonesia. Namun, masih sebatas penelitian dan implementasi sederhana yang mandiri di sarana kesehatan, belum sampai pada level implementasi yang digerakkan oleh sebuah kebijakan level autoritas. So, peluang dan tantangan di bidang ini masih sangat luas dan terbentang.

Sistem eHealth/mHealth/uHealth bukan sekedar menciptakan sistem yang hebat yang mampu ini-itu, namun lebih pada bagaimana menerapkan sistem ini di lapangan. Karena justru motto eHealth adalah "training, training, dan training".

Mengapa ini? Wajar saja, karena setiap produk eHealth yang dilemparkan, petugas kesehatan yang mengeksekusi di lapangan perlu beradaptasi dengan sistem baru pula: perlu banyak latihan dan pelatihan. Jadi, user friendly harus menjadi faktor yang penting dalam pengembangan sistem eHealth/mHealth. Dan, kesabaran harus menjadi poin utama dalam implementasi. Sokongan autoritas menjadi hal penting yang tidak dapat diabaikan, justru main core. **Lily Kasim**

No comments: