Search This Blog

Monday, May 2, 2011

Alam Selalu Mengajarkan Kita untuk Berubah

Alam selalu mengajarkan kita untuk berubah dan mencari keadaan setimbang (stabil). Alam ini mempunyai sifat selalu bergerak. Lihatlah bumi yang selalu berputar mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya. Bumi senantiasa berputar pada porosnya.

Sang satelit Bumi, Bulan, berputar mengelilingi Bumi. Begitu juga planet lain dalam tata surya ini. Setiap hari perubahan terjadi. Lempeng bumi kita pun bergerak secara teratur menuju keadaan stabil. Jadi, secara relatif melalui mekanisme alam ini, kita semua bergerak. Hanya kita tidak sadar kita telah bergerak.

Jadi, melalui momentum pergerakan, baik yang kita sadari maupun tidak, seharusnya mengajak kita untuk terus berubah; menjadi lebih baik hari demi hari. Bahkan perubahan ke arah lebih buruk pun patut kita syukuri, dengan catatan kita cepat sadar akan kekeliruan kita, dan kembali menuju stabil. Karena di situ terdapat pelajaran. We are just human being.

Kita perlu memikirkannya. Ada perubahan yang kita sadari seperti: pergantian siang dan malam; pergantian hari, bulan, dan tahun; pergantian cuaca; pergantian musim. Juga ada perubahan yang tidak kita sadari tapi akhirnya memunculkan dirinya dalam sebuah kejadian tiba-tiba yang menghentakkan, seperti: pergeseran lempeng bumi yang sesekali menghasilkan gempa ringan, sedang, atau berat, bahkan menghasilkan tsunami ringan, sedang, dan besar.

Mengagetkan, merusak, bahkan menghilangkan nyawa, memisahkan kita dari orang-orang dekat kita. Semua terjadi begitu cepat dan begitu saja. Dalam hidup kita, kita pun melalui masa-masa. Ada masa senang, masa susah. Ada masa sedih, masa gembira. Ada masa suka, masa duka. Semuanya silih berganti menghampiri hidup kita.

Dengan apa kita menjalani itu semua? Dengan terus bergerak, mencari kestabilan kita, yaitu kampung akhirat yang bahagia...**Lily Kasim**

No comments: