Search This Blog

Monday, May 2, 2011

Hari Pendidikan Nasional

Hari ini tanggal 2 Mei, setiap tahun pasti diperingati sebagai hari pendidikan nasional. Hmm...setiap tahun sudah ada monumen peringatan pendidikan. Setiap tahun, kita mesti refresh tentang pendidikan. Setiap tahun mesti mengheningkan cipta doain pendidikan. Tapi, setiap tahun juga harga pendidikan melambung tinggi tak ter-cover baik oleh negara.

Maunya seperti apa dan bagaimana ya? Masyarakat mandiri mikirin pendidikan masing-masingkah? Sementara, kurikulum gonta-ganti, sistem UN gonta-ganti. Genit-genit dengan kebijakan masing-masing. Kalau kayak gitu kan terasa dan terkesan ini roadmap nya mana? Kita ini butuh maju kan? Masak mau di sini-sini aja berdirinya?

Kalau pendidikan itu tanggung jawab anggota masyarakat pribadi ya akan repot. Yah, kayak sekarang, banyak yang berkilah, biaya pendidikan besar sekali; misal untuk tingkat pendidikan tinggi, 1 mahasiswa menghabiskan dana yang tidak sedikit untuk biaya pendidikannya. Universitas tidak mampu menghandel, jika pingin pinter, sumbang dong ke Universitas? Sanggupnya berapa?

Bahkan di tingkat play group juga udah mahal-mahal. Boleh sih pakai pendekatan itu, tapi yang sewajarnya lah. Tapi kalo sudah minta uang yang tidak rasional, bingung juga tar ngatur dan ngukur hasil, karena potensi subjektivitas tinggi. Yang rugi kan kita sendiri, pembangunan SDM dan peng-estafet-an negara ini lah yang jadi korban. Masa depan bangsa ini.**Lily Kasim**

No comments: