Search This Blog

Tuesday, May 3, 2011

Manfaat Air Mata

Kamu tidak perlu ragu untuk menangis. Jika memang kamu sulit untuk menangis, belajarlah mengeluarkan air mata. Jika tidak bisa, lihat lah film yang sedih-sedih untuk berlatih. Menangis bersama film dapat membangkitkan tangisan yang bersifat emosional.

Jika tidak bisa juga, pergilah ke dapur dan iris bawang merah tanpa trik menghilangkan reaksi kimia yang membuat air mata meleleh, biarkan reaksi sulfur yang menghasilkan zat ethylsulfine bekerja untuk kamu.

Tapi, trik terakhir saya ini sama sekali tidak valid untuk apa yang akan saya sajikan mengenai manfaat air mata, karena air mata yang bermanfaat adalah air mata yang berasal dari tangisan yang spontan, karena reaksi atas emosi tertentu. Just simple from me, only cry with your emotion.

Well, secara fisiologi, air mata banyak gunanya. Manfaat air mata antara lain:
1). Membersihkan membran bola mata dari debu. Air mata berfungsi sebagai tetes mata alami, karena mata yang kotor akan menyebabkan mata menjadi kabur,
2). Air mata mengandung enzim lisozym yang bersifat antibakterial sehingga mampu membersihkan mata dari kuman penyakit yang mungkin menempel pada mata kita,
3). Bersama air mata, maka keluar juga racun dari tubuh. Begitulah kata ahli biokimia Mr. William Frey,
4). Air mata yang dihasilkan dari tangisan yang bersifat emosional dapat membantu keluarnya hormon bahagia: endorfin, enkefalin, dan prolaktin (si hormon cinta). Mood kamu akan naik, dan stress kamu akan reda dengan hormon-hormon ini.

Oleh sebab itu, menangislah, itu akan baik untuk kamu...**Lily Kasim**

No comments: