Search This Blog

Tuesday, June 14, 2011

Ilmuwan Indonesia Balik Kampung

Kadang saya mikir orang kita ini sangat kreatif dan cerdas-cerdas. Gimana tidak kreatif dan cerdas? Lah secara intelektual kita ini sama saja koq dengan orang luar sana. Buktinya banyak juga anak bangsa yang berhasil di berbagai sektor ketika merantau ke luar sana.

Sayang juga mereka banyak yang tidak balik lagi untuk membangun Indonesia ini. Tapi saya tidak bisa juga menyalahkan sikap mereka karena sejauh ini memang di tanah sendiri tidak dapat diharapkan. Lihat saja lah berita-berita di koran dan televisi. Tonton saja drama-drama negeri ini. Apa sih yang mereka kerjakan? Bingung kan?

Banyak ilmuwan yang pulang kampung trus keok. Ya sistem yang ga mendukung lah, ya fasilitas yang gak memadai lah, ya KKN lah, ya macam-macam lah sebabnya. Banyak keluhan mereka orang-orang pintar itu tidak dapat survive di tanah sendiri. Bukan hanya itu, kadang aneh juga, ilmuwan itu gak terpakai di negeri sendiri. Sementara mereka di luar dipakai banget dan tentu saja dilayani dengan baik...**Lily Kasim**

No comments: