Search This Blog

Thursday, June 16, 2011

Live Streaming Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011

Hari ini, Kamis, 16 Juni 2011 merupakan hari yang istimewa, sebab, di langit kejadian langka gerhana bulan total sedang terjadi sejak pukul 00.25 pagi ini. Saya sengaja begadang sambil mengerjakan sesuatu menunggu gerhana bulan total terjadi. Saya melihat gerhana bulan dengan 2 cara, yaitu 1. Pengamatan langsung di langit, 2. Live streaming di internet.

Live streaming ini dapat disaksikan di beberapa situs, misalnya di Boscha ITB yang bekerjasama dengan depkominfo, bisa dilihat di: http://bosscha.itb.ac.id/en/multimedia/livestreamgbt2011.html. Tapi, sayangnya di alamat Boscha tersebut internet saya tidak dapat nge-loadnya, jadi blas gak bisa di buka. Hiks...

Tapi untungnya live streaming juga ada di komunitas astronomi di Solo di alamat: http://rukyatulhilal.org/live/gbt2011. Di alamat kedua ini nge-load sih, tapi sayang di arena chatting-nya itu bukannya berdiskusi tentang kejadian gerhana tersebut malah banyak sumpah serapah dan kata-kata kotor berhamburan di sana.

Syukur, saya di kasih temen facebook link live streaming di You Tube: http://www.youtube.com/user/Google#p/l/UgUieQsR4YI (dari slooh.com). Nah, yang terakhir ini baru bener. Live chat-nya juga bener. Beda banget dari link-link di atas. Thanks God!

Saat saya posting tulisan ini, pukul 2:36, Kamis, 16 Juni 2011, bulan di langit tempat saya berpijak telah memerah, yang artinya fase gerhana bulan total telah sempurna. Dari masjid sekitar tempat tinggal saya berkumandang tasbih sepanjang gerhana berlangsung.

Bagi yang muslim, disunahkan untuk sholat gerhana dan bertasbih serta memohon ampunan agar dihindarkan dari segala bencana...Allahu Akbar...Allahu Akbar..Allahu Akbar...**Lily Kasim**

No comments: