Search This Blog

Sunday, June 12, 2011

Manfaat Investasi Jangka Panjang

Investasi adalah sebuah kata yang secara umum berarti "menanam" sesuatu. Sebuah hukum alam tetap berlaku, tanaman yang dihasilkan bisa jadi tidak sesuai dengan hasil yang ingin diperoleh.

Tetapi, angka-angka kegagalan invetasi bisa diminimalisir dengan trik dan tips tertentu. Misalnya pemilihan bibit unggul, pemilihan lokasi, pemilihan-pemilahan, dan seleksi-seleksi yang dilakukan secara seksama agar hasil yang diperoleh sejalan dengan maksud dan tujuan investasi.

Investasi haruslah bertujuan menguntungkan. Intinya pemilihan atau screening (penyaringan) dilakukan untuk menghasilkan hasil yang maksimal, dengan tingkat kegagalan mendekati nol (zero). Dalam dunia pertambangan, dikenal prinsip Zero Fault, artinya tidak boleh ada satu titik pun kesalahan.

Hal ini karena kesalahan sekecil apapun adalah bertaruh nyawa. Investasi ilmu, pengetahuan, konsentrasi akan tertuju pada hal-hal yang membuat Anda melakukan semuanya dengan perfect. But you should know, there is no perfection in this world!

Berbeda lapangan, akan berbeda perlakuannya. Zero Fault dapat sedikit longgar dalam penerapannya, misal bagi dunia pendidikan, kesalahan adalah hal yang biasa, karena pendidikan adalah perbaikan akan kesalahan yang pernah dibuat. Fokusnya adalah perubahan nilai.

Perubahan tidak dapat terjadi dalam sekejap. Semua butuh proses, waktu, dan mungkin kesalahan. Dan, semua ini menurut saya investasi. Fleksibilitas harus ditempatkan dalam kehidupan ini.

Jika time is money, maka pikirkanlah sejauh mana Anda mengartikan istilah ini bagi Anda. Bagi saya, uang itu sangat relatif. Bisa jadi di kantong saya hanya terdapat sedikit uang, tetapi saya tidak kena bencana, tidak sakit, tidak sedang berperkara, free 1000%, maka saya menganggap saya kaya raya.

Dan sebaliknya, rekening saya bermilyar-milyar, tetapi saya mengidap penyakit liver, penyakit ginjal, sedang berperkara, dan ditimpa musibah. Apa jadinya uang itu? So, berinvestasilah secara benar. In my preference, investasi yang benar-benar bermanfaat untuk jangka panjang adalah berinvestasi untuk kampung akhirat yang kekal...**Lily Kasim**

No comments: