Search This Blog

Friday, June 10, 2011

Tabula Rasa Teori Perkembangan John Locke

Dalam dunia perkembangan anak dan pendidikan, kita mengenal teori terkenal yang bernama teori Tabula Rasa, yang diusung oleh Filsuf John Locke. Apa sih teori Tabula Rasa? Secara umum, teori ini mengatakan bahwa: "Anak ibarat kertas putih kosong yang tergantung lingkungan (terdekat/sekitar) mau/akan diisi/ditulis apa ". Sederhananya, jika Anda sekalian adalah pemilik kertas putih kosong itu, maka kertas putih kosong itu akan Anda isi apa terserah Anda sekalian, bukan?

Misal saja diisi: coretan-coretan tak beraturan, coretan-coretan berarah, catatan rapi, gambar indah, kaligrafi, diari, dan lain sebagainya. Sepenuhnya terserah Anda mau menuliskan/menorehkan apa saja yang Anda senangi. Bahkan membiarkannya tak terisi pun terserah Anda. Begitulah seorang bayi yang terlahir di dunia ini. Semuanya tergantung Anda akan menjadikan mereka seperti apa.

Implikasinya bahwa pendidikan pada masa-masa "kertas putih" ini masih kosong bersih merupakan hal yang paling utama yang patut diperhatikan dengan seksama. Perkembangan anak pada periode-periode di setiap tahapannya merupakan titik-titik (fondasi) yang akan dapat membangun anak menjadi sebuah bangunan pribadi yang utuh dan matang.

Kecacatan (defek) yang terjadi pada masa pertumbuhan jiwa anak ini akan membekas pada kepribadian sang anak. Bahkan lebih parahnya lagi, jika perkembangan ini berjalan tidak semestinya, maka tentu saja perkembangan jiwa anak menjadi tidak semestinya. Anak menjadi liar, nakal, brutal, dan bahkan mungkin menjadi antisosial jika kondisi yang tidak kondusif bagi perkembangan jiwa anak terus menerus terjadi.

Oleh sebab itu wahai bapak-ibu orang tua dan calon orang tua sekalian, sayangilah anak-anak Anda, jangan biarkan mereka tumbuh liar tanpa bimbingan Anda. Bimbinglah, tuntunlah buah hati Anda sekalian dengan kasih sayang dan pendidikan yang baik serta cinta yang penuh kelembutan....Salam sehat...**Lily Kasim**

No comments: