Search This Blog

Saturday, June 11, 2011

Tips Melawan Insomnia

Mengalami keadaan yang namanya insomnia tentu saja rasanya tidak menyenangkan, karena tubuh kita pasti meminta istirahat berupa tidur. Tidur merupakan sebuah siklus yang harus dilalui tubuh agar tubuh dapat bekerja sempurna mengatur metabolisme dan keberlangsungan kehidupan kita. 

Jika Anda merasa bahwa hidup Anda sia-sia karena terlalu banyak tidur, Anda keliru. Waktu 8 jam untuk tidur merupakan kebutuhan tubuh yang di-setting alamiahnya begitu. Jika lebih atau kurang dari itu, tubuh Anda pasti "ngambek". 

Nah, bagaimana jika sinyal tidur datang, sementara Anda tidak dapat tidur juga? Tentu saja, pikiran Anda tidak akan konsentrasi melakukan sesuatu hal karena sebenarnya aktivitas otak Anda berada pada level tidur yang tidak sinkron sempurna dengan keadaan lainnya.

Berikut ini beberapa anjuran yang dapat saya bagikan agar Anda semua mencapai tidur yang Anda harapkan:
  1. Mandilah secara teratur pagi dan sore agar tubuh Anda tetap segar. Jangan lupa cucilah rambut Anda secara teratur 3-4 kali dalam seminggu agar "beban" kepala jadi lebih ringan. Rambut dan kulit kepala yang bersih sehabis dicuci akan menyebabkan aliran darah di kepala Anda menjadi lancar. Sehingga otak dapat bekerja optimal menidurkan Anda.
  2. Sesekali manjakan tubuh Anda dengan air hangat agar peredaran darah Anda menjadi lancar dan Anda menjadi rileks.
  3. Cuci kaki sebelum tidur agar kotoran yang mungkin menempel di kaki Anda hilang. Kotoran yang menempel dapat mengganggu aliran darah Anda.
  4. Jangan berolahraga berat sebelum tidur.
  5. Hindari zat stimulan (rokok, alkohol, drug) dalam kehidupan Anda.
  6. Banyak-banyaklah bersyukur atas hidup dengan menjalani hidup sesuai ajaran agama dan norma yang Anda anut agar kehidupan Anda mendapatkan keberkahan. Percayakan hidup Anda padaNya, saya yakin hidup Anda akan selalu damai dan tentram.
  7. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Baik agar semua urusan dimudahkan termasuk kemudahan dan kenikmatan rejeki berupa tidur yang nyenyak. Berdoa merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menurunkan gelombang otak agar tetap rileks. Tidur yang berkualitas merupakan rejeki yang harus disyukuri.
Ini saja tips dari saya, semoga Anda semua memperoleh tidur terbaik Anda...cheers...**Lily Kasim**

No comments: