Search This Blog

Monday, July 4, 2011

Songket Riau Koleksi Ibu Rahmi Hatta

11 April-1 Mei 2011 lalu, Museum Tekstil Jakarta menghelat pameran yang bertajuk "Pameran Kain Tradisional Indonesia Koleksi Rahmi Hatta dan Raharty Subijakto: Dua Tokoh Pencinta Wastra Adati". Siti Rahmiati Hatta (Rahmi Hatta) dan Ibu Raharty Subijakto adalah dua kakak-beradik yang sangat mencintai negeri ini yang tersirat dari koleksi kain yang beliau miliki; penuh cita-rasa tinggi dan pengetahuan yang luas akan tekstil tradisional Indonesia.

Ibu Rahmi Hatta dan Suami, Sang Proklamator RI, Bung Hatta di hari pernikahan
dok. Kamera HP Pribadi

Secara khusus saya lama berdiri pada koleksi kain songket beliau yang berasal dari Riau. Saya mengamati corak songket yang banyak dipengaruhi kebudayaan Persia, Cina, dan India itu. Secara corak, Songket Riau banyak menunjukkan persamaan dengan daerah yang berdekatan secara geografis, misalnya Palembang, dimana di masa lampau Palembang merupakan kerajaan Sriwijaya yang besar dan tersohor.

Penggunaan benang sutera dengan sulam emas dalam kain songket Riau ini meluas hingga ke Malaysia yang hingga kini masih dapat terlihat di dalam upacara adat. Motif dan ragam hias Songket Riau menunjukkan ragam hias yang berada di tepi atau di badan kain, seperti motif pucuk rebung, bunga bertabur pada badan kain. Dan motif-motif lain seperti tapuk manggis, sulur, daun pakis, wajik, maupun belah ketupat.


Salah satu Kain Songket Riau koleksi Ibu Rahmi Hatta
dok. Kamera HP Pribadi

Berbagai motif yang ada menunjukkan hubungan dengan adat istiadat petatah-petitih-pantun melayu Riau, yang memang kain songket Riau ini merupakan salah satu khasanah Kesultanan Melayu Riau: Kesultanan Siak Sri Indrapura, Kerajaan Riau-Lingga, Kerajaan Indragiri, dan Kerajaan Pelalawan. Memang menarik melihat kejayaan negeri kita di masa lalu, semoga kita dapat bangkit dan menjalani masa depan negeri ini dengan lebih baik...**Lily Kasim**

4 comments:

Gaphe said...

bagus ya kainnya, dan awet gitu secara koleksinya kan banyak yang lama-lama.

mari lestarikan budaya Indonesia!

Herdoni Wahyono said...

Negeri Indonesia memang 'luar biasa' tiada duanya di dunia dengan kekayaan alam, budaya, adat-istiadat, suku, bahasa daerah dan agama di bawah naungan NKRI. Amat menarik pameran yang diselenggarakan oleh Museum Tekstil Jakarta ini. Koleksi kain tradisional Indonesia dengan cita rasa tinggi, diantaranya kain songket Riau. Produk tradisional seperti ini perlu terus dilestarikan. Trims sharingnya yang menarik. Salam sukses.

Blog Keluarga Kesehatan said...

Sangat jarang orang yang mau mengkoleksi kain ini ya??? terlebih dengan harga yang masih terbilang mahal... Seandainya budaya songket dan kebaya seperti sari di India tentunya hal ini akan berbeda...

Lily Kasim said...

thanks..memang kita perlu melihat ke dalam bangsa ini..untuk merenung betapa kita dulu adalah bangsa yang besar yang memiliki pengaruh yang besar pula...kemudian balik ke masa kini: mengapa kita seperti ini sekarang?