Search This Blog

Tuesday, August 2, 2011

Dokter Dokter Pejuang

Pada jaman kemerdekaan kita telah mengenal banyak sekali dokter-dokter yang mengabdikan dirinya dalam perjuangan bangsa. Telusuri nama-nama rumah sakit di berbagai kota besar di Indonesia. Simak dokter Soetomo di Surabaya dengan pekik merdekanya. Dokter Cipto yang diabadikan namanya menjadi Rumah Sakit Rujukan Nasional Indonesia, Dokter Moewardi di Solo, dan masih banyak lagi.

Jaman telah berubah. Indonesia telah merdeka, Ulang tahun kebebasan negeri ini akan kembali di gelar di Republik ini. Tetapi, apakah kemerdekaan benar-benar dapat dirasakan? Apakah kebebasan benar-benar diperoleh oleh semua manusia yang ternaungi di bawah NKRI?

Dokter-dokter ini, dokter yang mengisi kemerdekaan, adakah anak bangsa, bibit unggul negeri ini menorehkan prestasinya bagi negeri ini? Apakah ada semangat dokter Cipto atau semangat dokter Soetomo di jaman ini?

Pendidikan menjadi seorang dokter berbeda di tiap jaman. Saat ini biaya menjadi dokter sangat besar. Biaya pendidikan lanjutan seorang dokter pun sama. MAHAL. Akankah muncul pejuang NKRI yang berasal dari kalangan dokter yang notabene telah "berkorban" banyak dari segi biaya pendidikan yang dikeluarkan individu sudah gila-gilaan ini? Then, how to control the quality?**Lily Kasim**

2 comments:

moenas said...

sekali posting bisa sampai 2 postingan... muantabbzzzz dagh mbk

ketty husnia said...

aku rindu semangat dr soetomo dan kawan2nya,..:)