Search This Blog

Sunday, January 15, 2012

Telur Rebus Plastik

Masih ngomongin makanan. Makan soto pagi-pagi pasti seger kan? Saya rasa banyak yang suka soto, soalnya makanan ini khas Indonesia, dan konon kabarnya sedang di-launch menjadi makanan favorit internasional menyusul rendang. Tetapi, mengenai khasanah kuliner bangsa kita yang kaya ini, pagi beberapa bulan yang lalu, saya memutuskan berhenti makan soto di tempat itu, karena kejadian ini:

Telur dalam plastik yang direbus bersama kuah soto dan ayam sotonya. Hmmm...selera makan saya langsung hilang melihat kejadian ini. Plastik menjadi kontaminan makanan. Masih adakah penjual soto lainnya yang begini?
Sumber: dokPri

Hmm..sekaligus saya memutuskan untuk tidak makan di sana lagi kecuali kepepet (misal, hanya sana satu-satunya warung yang buka dan saya sedang amat sangat membutuhkan makan). Dan, alhamdulillah, saya masih menepati niat saya itu. Just info, lokasi warung makan ini di Jakarta. Kejadian dan kebiasaan ini mungkin saja terjadi di tempat lain. Dan, apa jadinya kita disuguhkan makanan model begini?

Saya jadi ingat berbagai tayangan di Investigasi TransTV tentang berbagai macam kecurangan, ketidaktahuan masyarakat dalam menyajikan makanan yang dijualnya, yang mengandung borak lah, tikus mati lah, tepung kadaluarsa lah, dan masih banyak lagi. Satu hal yang menjadi pertanyaan saya, "Sudahkah pemerintah kita melakukan upaya serius melindungi masyarakatnya dari tindakan konyol semacam ini? Bukankah tayangan di stasiun TV trsebut dapat ditelusuri lebih lanjut keabsahannya? Dan, kemudian dilakukan tindakan yang tepat?" **Lily Kasim**

1 comment:

Fajar said...

ehmm..agak takut juga.. sebenarnya kalau beli soto ataupun apalah terutama yang panas..memakai plastik..